wibiya widget

Mengenal Fungsi Tool Photoshop


Software desain photoshop memiliki tool-tool yang digunakan user [desainer] untuk membuat sebuah desain. Tool-tool pada photoshop dikelompokkan ke dalam toolbox. Boleh dibilang tool box adalah bagian paling vital software adobe photoshop. Ibarat seorang pelukis, tool box merupakan kumpulan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melukis seperti pensil, penghapus, cat pewarna, dan lain sebagainya.

Agar penggunaan software desain photoshop bisa optimal, maka anda perlu mengenali nama-nama tool dan fungsinya masing-masing. Fungsi tool photoshop berikut saya peroleh disini dan saya terjemahkan ke dalam bahasa kita sehari-hari untuk anda.


Tool Photoshop

Move Tool
Digunakan untuk memindahkan area terpilih (terseleksi) dari suatu gambar atau objek dalam layer aktif. Gunakan kombinasi tombol Shift pada keyboard dan Move Tool untuk mempertahankan proporsi objek pada saat merubah perbesaran objek. Short: tombol "V"
Rectangle Marquee Tool
Kelompok Marquee Tool adalah rectangular marquee tool, eliptical marquee tool, single row marquee tool dan single column marquee tool. Marquee tool digunakan untuk menyeleksi objek gambar dengan bentuk kotak, elips, baris tunggal atau kolom tunggal. Selanjutnya objek yang terpilih/terseleksi dapat dihapus (delete), diwarnai, diggandakan, dan lain-lain. Shortcut: tombol "M".
Lasso Tool
Lasso Tool pada Photoshop digunakan untuk menyeleksi area tertentu secara bebas sesuai dengan gerakan mouse. Saya biasa menggunakan lasso tool untuk keperluan menyeleksi gambar yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Kelompok lasso tool meliputi, polygonal lasso tool, magnetic lasso tool dan lasso tool itu sendiri. Shotcut: tombol "L".
Magic Wand Tool 
Tool ini digunakan untuk menyeleksi area objek yang memiliki kesamaan warna. Toleransi warna yang akan diseleksi dapat ditentukan dalam pilihan palet dari Magic Wand Tool.
Shortcut: tombol "W".
Crop Tool
Crop tool boleh dibilang tool yang paling sederhana dan mudah digunakan. Crop tool digunakan untuk memotong gambar dengan cara membuat seleksi berbentuk kotak dengan crop tool kemudian dieksekusi dengan menekan tombol enter. Shortcut: tombol "C".
Slice Tool
Merupakan tool khusus Photoshop untuk urusan desain web. Slice tool digunakan untuk memotong gambar menjadi bagian-bagian kecil sebelum diekspor dalam bentuk kode HTML. Sehingga file web yang dibuat memiliki ukuran yang lebih kecil. Shortcut: tombol "K".
Spot Healing Brush Tool
Sesuai dengan namanya, Spot Healing Brush Tool adalah tool untuk menghilangkan titik cacat pada gambar misalnya rekayasa menghilangkan jerawat pada wajah. Healing brush tool hampir sama dengan Clone Stamp Tool yang cara kerjanya mengambil sampel area gambar tertentu yang kemudian digunakan untuk menutupi area yang cacat. Shortcut: tombol "J".
Brush Tool
Brush Tool digunakan untuk membuat bentuk garis sesuai dengan arah mouse seperti ketika anda mewarnai tembok dengan kuas. Shortcut: Tombol shortcut "B".
Clone Stamp Tool
Digunakan untuk mennggandakan bagian gambar tertentu, dengan menggunakan clone stamp tool anda dapat men-copy bagian gambar kemudian menggandakannya secara berulang-ulang. Shortcut: tombol "S

Untuk fungsi tool photoshop yang lain akan saya posting di kemudian hari, so ditunggu saja ;)
Enjoy!! :D
Share on Google Plus

About Riant Daffa