wibiya widget

Alat Pengukur Tubuh Ideal Ala Mahasiswa Elektro


Alat Pengukur Tubuh Ideal Ala Mahasiswa ElektroYudi Kristian, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil mengembangkan alat digital yang mampu berfungsi untuk mengukur tubuh ideal sekaligus mengukur suhu tubuh
Yudhi mengawali pengembangan alat itu bermula dari hasil penelitiannya tentang "Implementasi Micro Controller Pada Alat Deteksi Postur Tubuh Ideal. Alat itu bisa dikembangkan untuk mengukur secara otomatis apakah seseorang memiliki tubuh ideal, terlalu kurus, atau terlalu gemuk.
Pengembangan alat Micro Controller didasari kegundahan, Yudha ketika melihat pengukuran tubuh ideal secara manual dirasa merepotkan. Harus ada operator yang mengukur berat dan tinggi badan.
Dari sana dia bermimpi akan sangat mudah jika ada alat yang secara otomatis bisa mengukur tubuh yang ideal, selain lebih praktis, datanya pun akan lebih akurat. "Dengan begitu bisa dilakukan secara cepat,"kata Yudha.
Dijelaskan, alatnya akan mengukur secara otomatis apakah seseorang memiliki tubuh ideal, terlalu kurus, atau terlalu gemuk. Alat tersebut ada dua macam sensor, yang pertama sensor tinggi badan dan yang kedua sensor berat badan.
Alat pengukur tinggi dan berat badan konvensional terlebih dahulu dimodifikasi dengan diberi potensiometer multiturn. Data yang diterima oleh sensor tersebut akan terkonversi otomatis dan muncul dalam bentuk angka pada layar LCD. Kedua sensor yang sudah digabungkan itu dengan timbangan, berat badan dan tinggi badan.
Selanjutnya, alat dapat disambungkan ke PC (Personal Computer), sehingga data yang muncul dapat terekam secara otomatis. Canggihnya, saat disambungkan ke komputer  menggunkan software tertentu data itu dapat terekam otomatis menjadi file.
"Hasilnya dapat langsung mencetaknya, tanpa harus mencatat terlebih dahulu," jelasnya
Share on Google Plus

About Riant Daffa