wibiya widget

Ponsel Membuat Orang Egois dan Antisosial

ponsel
PONSEL  tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Telepon genggam rupanya juga dapat berpengaruh terhadap sifat dan perilaku seseorang.
Sebuah penelitian dari University of Maryland menyebutkan, seseorang dapat berubah menjadi lebih egois dan antisosial saat sedang menggunakan ponsel.
Kesimpulan ini diambil setelah para peneliti mengajukan pertanyaan terhadap sejumlah mahasiswa. Pertanyaannya sederhana, apakah mereka tertarik mengikuti kegiatan sosial?
Penelitian ini menunjukkan, saat pertanyaan ini diajukan kepada mahasiswa yang sedang menggunakan ponsel atau maksimal tiga menit setelah menggunakan ponsel, mereka cenderung menjawab tidak.
Sebagian dari mereka yang tidak menggunakan ponsel dalam kurun waktu lebih dari 3-5 menit cenderung menjawab “iya”.
Hal ini bertentangan dengan pendapat para pengguna ponsel –dan penggila jejaring sosial- yang percaya ponsel dapat membuat mereka lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain.
Faktanya, di saat para pengguna lebih dekat dengan orang lain di jarak jauh, mereka justru lebih mengabaikan orang-orang yang berada di jarak lebih dekat.
Seperti diberitakan Daily Mail, penelitian berjudul “The Effect of Mobile Phone Use on Prosocial Behavior” itu menunjukkan adanya perbedaan pandangan antara para pengguna ponsel dan orang-orang yang berada di sekitar mereka.
Penelitian ini semakin membenarkan anggapan bahwa ponsel mendekatkan orang yang jauh dan menjauhkan orang yang dekat dengan kita.
Share on Google Plus

About Riant Daffa

Google+ Followers