wibiya widget

Worm curi 45.000 Password Facebook

worm

Pakar keamanan memperingatkan, malware komputer berjenis worm telah mencuri 45.000 detail login dari  jejaring sosial Facebook.
Menurut perusahaan keamanan, Securlet, data tersebut sebagian besar berasal dari akun Facebook di Inggris dan Perancis.
Pelakunya diperkirakan adalah sesorang di balik malware Ramnit yang muncul sejak April 2010 dan sebelumnya telah mencuri data perbankan.
Seperti yang dikutip dari BBC, Facebook telah mengetahui dan mulai mencermati masalah ini.
“Kami menduga bahwa para penyerang yang merupakan orang di balik malware Ramnit menggunakan password yang dicuri untuk login ke akun Facebook milik korban dan mengirimkan link berbahaya kepada teman-teman mereka, sehingga malware menyebar lebih luas,” kata para peneliti di blog perusahaan.
“Selain itu, penjahat cyber mengambil keuntungan dari fakta bahwa sebagian besar pengguna cenderung menggunakan password yang sama untuk berbagai layanan berbasis web untuk mendapatkan akses remote ke jaringan perusahaan,” tambahnya.
Jejaring sosial merupakan sasaran favorit hacker karena data pribadi dalam jumlah besar tersimpan di situs jejaring sosial.
Worm adalah salah satu jenis software berbahaya (Malware) yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cepat melalui berbagai media yang memungkinkan.
“Tampaknya hacker modern sekarang ini telah bereksperimen dengan dengan mengganti worm email yang kuno, dengan worm jejaring sosial yang lebih modern. 45.000 password yang dicuri itu merupakan contoh kekuatan besar dari worm jejaring sosial yang dapat menyebabkan kerusakan besar,” kata Securlert
Menurut Securlet, 800.000 mesin terinfeksi malware Ramnit di bulan September hingga  Desember 2011.
Bagi pengguna Facebook yang khawatir telah diserang oleh worm, disarankan untuk menggunakan software antivirus yang ter-update.
Sumber: Sidomi
Share on Google Plus

About Riant Daffa

Google+ Followers