wibiya widget

Misteri di Balik Lagu Bohemian Rhapsody



Tulisan ini diinspirasi oleh posting teman Bohemian Rhapsody ….. Luv It !!!!! . Saya bukan kritikus musik namun haruskah kita membiarkan orang menikmati lagu tanpa mengetahu dengan benar makna yang tersirat didalam lagu itu. Ya.. minimal memahami syar dari lagu itu.

Mungkin kita sudah terbiasa menikmati sebuah lagu , dari jenis musiknya yang membuat kita ingin bergerak atau menari-nari. Syair lagu seolah-olah menjadi masalah ke 100.”Ngapain juga kita harus mencari tahu latar belakang sebuah lagu ditulis, yang penting “kupingable”, asik dan mengairahkan sudah cukup”. Kata anak saya. Mungkin karena perbedaan sudut pandang sehingga statement itu keluar beitu saja dari pikirannya.

Tanpa bermaksud mempengaruhi anda, juga anak saya, dan bergaya bak kritikus musik. Menurut saya, sebaiknya suatu lagu dipuja, perlu dipelajari makna yang terkandung didalam lagu tersebut. Paling tidak memahami syair didalamnya.

Dibawah ini syarir lengkap dari Bohemian Rhapsody

Is this the real life?

Is this just fantasy?

Caught in a landslide

No escape from reality

Open your eyes

Look up to the skies and see

I’m just a poor boy (poor boy), I need no sympathy

Because I’m easy come, easy go

little high, little low

Anyway the wind blows, doesn’t really matter to me, to me

Mama, just killed a man

Put a gun against his head

Pulled my trigger, now he’s dead

Mama, life had just begun

But now I’ve gone and thrown it all away

Mama, ooo

Didn’t mean to make you cry

If I’m not back again this time tomorrow

Carry on, carry on, as if nothing really matters

It’s too late, my time has come

Sends shivers down my spine

Body’s aching all the time

Goodbye everybody - I’ve got to go

Gotta leave you all behind and face the truth

Mama, ooo - (anyway the wind blows)

I don’t want to die

I sometimes wish I’d never been born at all

I see a little silhouetto of a man

Scaramouche, scaramouche, will you do the fandango?

Thunderbolts and lightning - very very frightening me

Galileo, Galileo,

Galileo, Galileo,

Galileo Figaro - magnifico-o-o-o

I’m just a poor boy nobody loves me

He’s just a poor boy from a poor family

Spare him his life from this monstrosity

Easy come easy go - will you let me go

It’s the LAW! No - we will not let you go - let him go

It’s the LAW! We will not let you go - let him go

It’s the LAW! We will not let you go - let me go

Will not let you go - let me go (never)

Never let you go - let me go

Never let me go - ooo

No, no, no, no, no, no, no -

Oh mama mia, mama mia, mama mia let me go

Beelzebub has the devil put aside for me

for me

for me

for me

So you think you can stone me and spit in my eye?

So you think you can love me and leave me to die?

Oh baby - can’t do this to me baby

Just gotta get out - just gotta get right outta here

Ooh yeah, ooh yeah

Nothing really matters

Anyone can see

Nothing really matters, nothing really matters, to me

Anyway the wind blows…

Bohemian Rhapsody berasal dari album Queen yang berjudul A Night At The Opera yang diproduseri Roy Thomas Baker pada tahun 1975. Lagu ini dikarang oleh Freddy Mercury vocalist kelompok Queen (Catatan : Queen terdiri dari Freddy Mercury, John Deacon, Roger Taylor, Brian May)

Proses perekaman Bohemian Rhapsody dilakukan selama 3 (tiga) minggu, dimulai pada tanggal 24 Agustus 1975 di Rockfield Studio 1 dekat Monmouth di Inggis. Untuk menghasilkan maha karya tersebut Queen menggunakan berbagai alat musik seperti : Fender Precision Electric Bass, Red Special electric guitar, Ludwig Drums, timpani dan sebuah Paiste Gong. Freddy sendiri menggunakan sebuah Bechstein “Concert” Grand Piano, yang digunakannya juga saat promosi video dan konser Tour Bohemian Rhapsody di UK .

Pembuatan koor pada lagu Bohemian Rhapsody yang terdiri dari 180 (note : ada yang menyebut 120) vokal latar itu direkam secara marathon di mesin rekaman 24 trek dengan vokal anggota Queen selama satu minggu. Ini merupakan salah satu unsur keunikan Bohemian Rhapsody yang memadukan berbagai unsur musik klasik salah satunya yaitu opera.

Para pengamat membagi komposisi Bohemian Rhapsody menjadi 6 bagian menarik :

  1. Introduction yaitu dari menit ke 0:00 smpai dengan 0:48
  2. Ballad yaitu dari menit ke 0:48 sampai dengan 2:36
  3. Guitar solo yaitu dari menit ke 2:36 sampai dengan 3:02
  4. Opera yaitu dari menit ke 3:02 sampai dengan 4:07
  5. Hard Rock yaitu dari menit ke 4:07 sampai dengan 4:55
  6. Outro yaitu dari menit ke 4:55 sampai dengan 5:55
Beberapa pendapat tentang lagu ini :
  1. Dari awal lirik lagu, bisa dikatakan misteri ini adalah tentang orang miskin yang membunuh orang. Akibatnya dia dihukum dan kemudian menulis pesan kepada ibunya. Tapi dia meminta pengampunana atas dasar kemiskinan, Dia menginginkan hanya Tuhan yang menghukumnya bukan masyarakat.
  2. Sama seperti diatas tapi kali orang yang diceritakan dalam lirik lagu terbaik queen ini malah mengelak dia telah membunuh. Dengan menggunakan istilah jalanan : “menari” (will you do a fandango). Bahkan perbuatannya dituduhkan hasil jebakan dari Setan Beezelbub.
  3. Sama seperti 2 paragah diatas. Tapi orang ini tidak ingin dikasihani, bisa anda temukan artinya di lirik “I need no sympathy”. Dan kemudian dia membaca mantra bahkan doa supaya lolos dari hukuman mati.
  4. Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang akan dihukum mati karena habis membunuh seseorang. Ia menuliskan pesan terakhirnya kepada ibunya untuk menjelaskan situasinya (Mama.. just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now hes dead, Mama.. life had just begun, But now Ive gone and thrown it all away,Mama ooo)
  5. Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang miskin (I am just a poor boy) yang tertekan yang kemudian membunuh seseorang (Mama..just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Dan dia harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya. Kemudian dia meminta (atau dimintakan?) pengampunan karena alasan latar belakangnya yang miskin. Bahwa hanya Tuhan yang semestinya menghukumnya, bukan masyarakat. Dia kemudian mencoba membantahnya bahwa dia telah membunuh seseorang, dengan istilah jalanannya : “menari” (will you do a fandango). Dan menanamkan setan dalam dirinya sebagai alasan lain (Beezelbub). Namun nampaknya dia tidak memperoleh kemudahan. Bahkan timbul konflik batin, karena bagaimanapun dia tidak boleh lepas dari kenyataan (no escape from reality) dan harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya.
  6. Lagu bohemian rhapsody ini menceritakan tentang Freddy Mercury sendiri. Lirik “just killed a man” bisa juga diartikan membunuh dirinya sendiri. Mungkin ini ketakutan vokalis Queen terhadap kenyataan dia adalah homoseksual, yang era 70-an dapat dihukum mati.
  7. Parade karakter dan penggunaan frase-frase sejarah aneh membuat penikmat kebingungan dan “tersihir“ walau tanpa mengetahui maknanya.. Berbagai „mantra“ digunakannya seperti : Scaramouche, Galileo, Beelzebub, Figaro, Mama Mia, dan Magnifico. Secara etimologis beberapa frase dan “mantra“ yang dilafalkannya mempunyai arti sbb : Scaramouch berarti seorang pengecut yang banyak omong. Fandango berarti tarian. Beelzebub merupakan nama setan.
  8. Tapi ada sebagian juga yang mengatakan, lirik lagu yang mengandung sejuta misteri ini diciptakan hanya untuk mencocokkan dengan musiknya saja. Atau dengan kata lain tidak ada maknyanya sama sekali.

Silahkan kita menilai sendiri

Share on Google Plus

About Muhammad_riant_daffa

Google+ Followers