wibiya widget

Wow, Biaya Proyek Jembatan Selat Sunda Naik Rp93 Triliun

Wow Biaya Proyek Jembatan Selat Sunda Naik Rp93 TriliunBiaya pembangunan proyek Kawasan trategis dan Infrastruktur Selat Sunda (KSISS)/Jembatan Selat Sunda (JSS) diprediksi bakal meningkat US$10 miliar atau sekitar Rp93,69 triliun (asumsi US$1 setara Rp9.360). 

Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo mengungkapkan hal itu di Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/7). 
Menurut perhitungan Bappenas, lanjut Lukita, proyek KSISS/JSS bakal menghabiskan US$25 miliar. Sedangkan perhitungan sebelumnya adalah US$15 miliar. "Itu fleksibel, itu bicara tentang jembatan, tapi juga bicara tentang investasi di kawasan. Awalnya memang perhitungannya US$15 miliar, tapi ini semua masih dikaji. Feasibility study-nya belum ada, jadi kami kaji terus sampai dapat yang lebih baik," ujar Lukita. 

Kenaikan itu, sambung dia, karena perlu adanya pengembangan daerah di sekitar kawasan, selain pembangunan jalan. "Kita lihat kembali, ini investasi besar dan panjang. Tidak hanya membangun infrastruktur jalan, kami bangun semua. Kalau hanya jalan, pengembalian investasi akan lama. Jadi kami bangun juga kawasan secara bersama-sama di Jawa dan Sumatra." 

Proyek KSISS/JSS tersebut masuk sebagai proyek yang siap dieksekusi dalam buku rencana proyek kerja sama pemerintah dan swasta (KPS) Book 2012 bersama 57 proyek lainnya. Diharapkan, jembatan yang panjangnya 27,4 km itu dapat ground breaking pada 2015 dan selesai dalam kurun 10 tahun
Share on Google Plus

About Riant Daffa

Google+ Followers