wibiya widget

Arab Saudi Mulai Puasa Jumat 20 Juli

Ilustrasi kedutaan Arab Saudi
Ilustrasi kedutaan Arab Saudi (sumber: seruu.com)
Awal puasa atau waktu menahan (imsakiyah) serentak dimulai hari Jumat (20/7)

Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi melalui komite ulama kerajaan, sudah menetapkan 1 Ramadhan 1433 Hijriyah, bertepatan dengan kalendar masehi, Jumat (20/7).

Anggota Dewan Ulama Senior Kerajaan Arab Saudi, Sheikh Abdullah Al-Manie, seperti dilansir Arab News dan kantor berita Arab Saudi (Saudi Press Agency) mengumumkan, awal puasa atau waktu menahan (imaskiyah) serentak dimulai hari Jumat (20/7). 

Selain awal Ramadhan, seperti tahun-tahun sebelumnya, ulama kerajaan juga melansir 1 Syawal 1433 H (Idul Fitri), jatuh pada 19 Agustus 2012, dan Idul Adha 26 Oktober 2012.

Senior Kerajaan Arab Saudi mengumumkan bulan puasa Ramadhan tahun ini akan dimulai pada Jumat 20 Juli, dan Idul Fitri pada 19 Agustus 2012.

Namun demikian, Arab News melaporkan, penetapan hari-hari yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan harus dikonfirmasi oleh penampakan bulan baru dan keputusan resmi dari kerajaan.

Ulama dari universitas terkemuka Arab Saudi di Mekkah, Ummul Qura', Rabu 28 Sha'ban 1433, juga melansir bahwa Umm Al-Qura Calendar, sudah melakukan rukyat pada tanggal 29 Sha'ban 1433 H
Share on Google Plus

About Riant Daffa