wibiya widget

Aplikasi BlackBerry Pendeteksi Gempa

Pusat Respon Emergency dan Perlindungan Sipil Mexico City merilis aplikasi yang bisa mendeteksi gempa bumi. Aplikasi yang dirilis di Mexico City ini akan memberikan peringatan tanda bahaya sekitar 40 hingga 50 detik sebelum gempa datang.

Aplikasi ini dirilis langsung oleh Mexico City, Marcelo Ebrard. Dengan aplikasi gratisan ini, masyarakat diharapkan memiliki waktu untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Lihat videonya di tautan ini.
Aplikasi ini bisa mendeteksi gempa sebesar 6,5 pada skala richter atau lebih. Saat gempa terdeteksi, aplikasi akan memberikan peringatan tanda bahaya meski ponsel dalam mode diam atau silent.

Saat ini, aplikasi yang dikembangkan lembaga asal Mexico ini baru tersedia untuk aplikasi BlackBerry. Mengutip laman The Huffington Post, aplikasi ini bisa dikembangkan untuk sistem operasi Android dan iPhone.

Namun, The Huffington Post juga menyebut aplikasi ini memiliki sejumlah kelemahan. Alarm untuk aplikasi ini terkoneksi dengan stasiun pendeteksi gempa di area Guerrero. Jadi ketika gempa datang dari Michoaca, alarm tidak akan berbunyi.

Alarm juga sulit mendeteksi gempa yang lebih kecil dari 5 skala richter. Padahal, jika sumber gempa dekat dengan keramaian, gempa di bawah 5 SR pun berpotensi bahaya.

Selain itu, sistem yang dimiliki BlackBerry juga terbilang tidak stabil. Jadi, ini dikhawatirkan alarm tidak akan bekerja jika platform BlackBerry bermasalah. 
Share on Google Plus

About Petani Progresif

Google+ Followers