wibiya widget

Kreator The Sims Siapkan Game untuk Kehidupan Nyata

http://assets.kompas.com/data/photo/2012/01/03/1229286p.jpg
Will Wright, pria di balik game populer The Sims sedang menggarap proyek terbarunya. Meski masih banyak yang dirahasiakan Wright terlihat antusias.

Antusiasme Wright muncul dalam wawancara dengan Reuters mengenai game yang dinamai HiveMind tersebut.

Jika The Sims mengandalkan kehidupan virtual untuk menarik minat gamer, untuk game terbarunya ini Wright membuat konsep yang bertolak belakang.

Dalam HiveMind, gamer akan menjalani kehidupan pribadinya sebagai sebuah game. Ini adalah genre Alternate Reality Games (ARGs) yang mengaburkan kenyataan dengan sistem game.

Contoh paling mudah dari ARG adalah apa yang dilakukan Foursquare. Unsur game dalam Foursquare membuat perjalanan yang dilakukan pengguna layanan berbasis lokasi itu lebih menyenangkan.

Nah, tak sekadar memetakan "di mana lokasi Starbucks" dan sebagainya, Wright mengaku ingin membuat peta "tingkat tinggi" dari dunia nyata.

"Mulai dari catatan kaki sejarah sebuah lokasi hingga orang-orang menarik (di sekitar lokasi itu) yang mungkin ingin Anda temui," Wright mencontohkan.

Wright membangun sebuah sistem yang bisa memiliki kesadaran situasional dari pemainnya. Ini termasuk informasi seperti: "Siapa Anda, di mana Anda, jam berapa saat itu, berapa uang yang Anda miliki, cuacanya bagaimana, hal apa yang menarik buat Anda dan lain-lain," ujar Wright.

"(Hasilnya) bisa berupa berbagai jenis permainan, tapi intinya adalah menempatkan pengalamannya, termasuk aspek multiplayer, di dalam dunia nyata dan menjauh dari dunia fiktif yang digarap oleh game saat ini," ujar Wright.

Wright menyadari bahwa game ini nantinya harus memiliki perhatian khusus soal privasi. Wright mengatakan, intinya game ini akan mengajak pemain untuk secara sukarela menyerahkan data tersebut.

"Ini bukan seperti mencuri informasi mereka. Mereka akan senang memainkan game ini secara sukarela," kata Wright.

Sumber :Reuters


Share on Google Plus

About Petani Progresif

Google+ Followers