wibiya widget

Kenalkan e-Koperasi, Telkom Latih 28 KUKM


Bandung - e-Koperasi, aplikasi pengelolaan koperasi berbasis teknologi diperkenalkan oleh Telkom. Sebagai salah satu aplikasi yang bisa menunjang dan meningkatkan perekonomian ini, e-Koperasi diharapkan bisa diserap dan diimplementasikan di seluruh koperasi di Indonesia.

Guna mensosialisasikan aplikasi tersebut, Telkom Divisi Business Service bekerjasama dengan Kementerian Koperasi & Usaha Kecil Menengah menggelar pelatihan. Sebanyak 28 Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) di Jabar menghadiri pelatihan koperasi modern tersebut.

Bertempat di Kantor Telkom Regional Jabar, Jalan Supratman 66-68 Bandung, Executive General Manager Telkom Divisi Business Service, Arko Maryono, dalam kesempatannya mengatakan bahwa pelatihan Koperasi Modern digelar sebagai upaya untuk membina KUKM dengan memanfaatkan teknologi.

"Sebagai perusahaan yang begerak di bidang ICT dengan portofolio bisnis TIME (Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutainment), Telkom memiliki kompetensi yang tepat serta kepedulian untuk berperan sebagai mitra Kementerian KUKM dalam upaya turut mengembangkan potensi para pelaku KUKM," katanya, Selasa (31/1/2012).

Ditambahkan Arko, koperasi modern merupakan salah satu cara Telkom memberi solusi kepada KUKM berdasarkan core bisnis Telkom di bidang TIME, yaitu dengan memperkenalkan aplikasi e-Koperasi yang dapat memberikan berbagai kemudahan.

"Proses bisnis akan lebih efisien dan dapat mempercepat layanan kepada stakeholder. Selain itu juga bisa meningkatkan pendapatan, serta menambah channel bisnis baru bagi Koperasi yaitu sebagai agen Delima (deliveri Money Access), jasa layanan pengiriman uang milik Telkom," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Kementerian KUKM Bidang Produksi, Ir. Pasir Sandani, mengharapkan agar melalui pelatihan Koperasi Modern ini timbul peluang-peluang pengembangan usaha yang sudah ada atau pun usaha yang baru bagi para peserta.

"Kerjasama sebagai channel Delima adalah salah satu dari peluang tersebut," katanya.

e-Koperasi merupakan aplikasi pengelolaan koperasi terpadu untuk mendukung operasional dan transaksional Koperasi sekaligus media monitoring dan pelaporan aktifitas operasional.

Modul yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Customer Service, Teller/Kasir, Simpanan, Simpanan Berjangka, Pinjaman/Pembiayaan, Akuntansi, dan Administrator. Sementara perangkat yang dibutuhkan adalah Komputer Server, Komputer Client, Switch HUB (untuk membuat jaringan computer/LAN), LAN, Printer, UPS, Akses Internet (1 packaging dengan software aplikasi) dan Modem ADSL (untuk Speedy)

"Layanan e-Koperasi mendukung transaksi dan layanan Koperasi yang akurat, aman, dan akuntabel. Pengelolaan data transaksi dilakukan secara elektronik dan online, sehingga memudahkan pengarsipan dan pencarian data. Satu lagi keuntungannya adalah dukungan infrastruktur Telkom, serta dukungan Customer Care Telkom 7 x 24 Jam," tukasnya.
Share on Google Plus

About Petani Progresif

Google+ Followers