wibiya widget

“Bengawan Solo” Mengalir Sampai Ke Rusia

“Bengawan Solo” yang melegenda itu ternyata benar-benar mengalir sampai jauh. Tembang ciptaanGesang tersebut nyatanya mengalun hingga ke Rusia. Adalah kelompok jazz asal Indonesia, Indro Hardjodikoro and the Fingers yang berandil menggaungkan ”Bengawan Solo” sampai ke negeri tirai besi itu.
Ya, Indro Hardjodikoro dan kawan-kawannya tampil di Elektrostal, sebuah kota kecil di dekatMoskow, ibukota Rusia. Dalam sejarah permusikan di tanah air, nama Indro Hardjodikoro sebenarnya telah tergurat panjang. Ia termasuk salah satu pemain bass terhandal di Indonesia.
Indro Hardjodikoro pernah bergabung dengan Halmahera, dan banyak terlibat dalam proyek musikal sejumlah musisi kenamaan, dari ChrisyeErwin GutawaVina PanduwinataRuth Sahanaya,KrisdayantiTiti DJAnang HermansyahTohpatiReza Artamevia, Rio FebrianAddie MS, dan masih banyak yang lainnya.
Nah, bersama penyanyi Dira Sugandi dan sejumlah musisi jazz lainnya, kini Indro Hardjodikoro mengemban misi kebudayaan di bawah panji-panji Indro Hardjodikoro and the Fingers. Lawatan mereka ke Rusia merupakan bagian dari pelaksanaan misi mulia itu.
Bukan hanya ”Bengawan Solo” saja yang dibawa Indro Hardjodikoro and the Fingers ke Rusia. Beberapa lagu asli Indonesia lainnya, seperti “Janger” dan “Panon Hideung”, yang dimainkan dengan gaya jazz ternyata juga mampu menarik perhatian warga Rusia. Kendati di Rusia sedang diguyur hujan salju, Indro Hardjodikoro dan rombongannya tetap semangat demi Indonesia.
”Meskipun harus menerjang hujan salju, bagi kami tampil di manapun membawa nama Indonesia selalu semangat kok,” ujar Indro Hardjodikoro seperti dikutip dari Antara, Rabu (18/1).
Selain pentas di Elektrostal, Indro Hardjodikoro and the Fingers juga telah menujukkan kebolehan bermusik mereka di dua kota lain di Rusia, yaitu di Moskow dan St. Petersburg.
Sumber : Sidomi
Share on Google Plus

About Riant Daffa