wibiya widget

7 Masjid yang selamat dari Bencana

berikut ini adalah beberapa Mesjid yang selamat dari terjangan bencana yang terjadi di dunia.
langsung saja kita simak seksama beberapa mesjid yang menjadi saksi bisu berapa dahsyatnya terjangan bencana yang terjadi pada saat itu.

1. Mesjid Baiturrahman (Banda Aceh)
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh.

Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, kemudian pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya.

Mesjid ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968).

Masjid ini merupakan salah satu saksi bisu derasnya terjangan air tsunami yang beberapa tahun lalu menerjang Banda Aceh.


2.Masjid Al-ikhlas (Lhoknga)
masih dari kisah bencana Tsunami yang menimpah kota aceh.ada satu mesjid di wilayah yang di kenal dengan nama lhoknga yang juga menjadi saksi kericuhan warga yang sedang dilanda panik saat air tsunami menerjang kota itu.
namun keajaiban yang terjadi membuat mesjid yang tidak terlalu besar ini tetap berdiri kokoh di tengah kuat nya dorongan air Tsunami.

3.Mesjid Kobe (Jepang)
Tahun 1945, Jepang terlibat perang Dunia Kedua. penyerangan Jepang atas pelabuhan Pearl Harbour di Amerika telah membuat pemerintah Amerika memutuskan untuk menjatuhkan bom atom pertama kali dalam sebuah peperangan.

Ketika bangunan di sekitarnya hampir rata dengan tanah, Masjid Muslim Kobe tetap berdiri tegak. Masjid ini hanya mengalami keretakan pada dinding luar dan semua kaca jendelanya pecah.Masjid ini kemudian menjadi tempat pengungsian korban perang.

Kekokohan Masjid Kobe diuji lagi dengan Gempa Bumi paling dahsyat tahun 1995. Tepatnya pada pukul 05.46 Selasa, 17 Januari 1995.
namun hingga sekarang mesjid yang dibangun tahun 1928 di Nakayamate Dori, Chuo-ku yang merupakan mesjid pertama di Jepang ini tetap berdiri kokoh hingga sekarang.

4.Mesjid At-tawhit (Haiti)
Gempa Dahsyat yang mengguncang Haiti di tahun 2010 menyebabkan ribuan orang tewas. Istana kepresidenan Haiti dan berbagai gedung-gedung pemerintah di ibukota negara Port-au-Prince runtuh setelah getaran. Sebuah rumah sakit juga rata dengan tanah, dan dilaporkan seluruh pasiennya terkubur di bawah reruntuhan.Namun tidak sama yang terjadi dengan sebuah mesjid yang bernama At-tauhid ini.
Mesjid ini tetap berdiri kokoh dan menjadi tempat para korban gempa ,baik yang muslim ataupun non muslim untuk mengungsi.

5.mesjid Al-barkah (Banten)
Tanggul sementara Situgintung, ditahun 2010 jebol akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Itu membuat sejumlah rumah warga tergenang bahkan banyak juga yang hancur oleh karnanya.

sementara bangunan rumah di sekelilingnya hancur tersapu gelombang banjir,namun tidak mesjid At-tawhit yang tidak mengalami kerusakan yang berarti.
mesjid ini tetap berdiri uth seperti biasanya.



6.Mesjid Jabalurrahman (Mentawai)
Masjid ini sama sekali tidak tersentuh tsunami yang menimpah kepulauan mentawai waktu lalu. Padahal, lokasinya tidak jauh dari pantai. Sedangkan rumah-rumah warga di sekitar masjid, rata dengan tanah. Masjid inilah yang menjadi tempat perlindungan masyarakat saat gelombang besar datang.

Seperti mukjizat, Di luar masjid, gelombang Tsunami yang di perkirakan hampir 8 meter itu tidak masuk kedalam mesjid.air laut hanya sampai di teras masjid saja. ada sekitar 50 orang penduduk yang menjadi saksi mata yang melihat langsung keajaiban yang terjadi pada saat itu.
gelombang Tsunami seperti terbelah di depan mesjid.hingga lantai mesjid pun tidak basah sama sekali.

7.mesjid almujahidin (Yogyakarta)
Bencana lain datang dari Yogyakarta,yaitu meletusnya gunung terbesar yang ada di wilayah bantul (yogyakarta) ini menyebabkan keluarnya abu panas atau yang di kenal dengan wedus gembel menyelimuti wilayah bantul dan sekitarnya.
abu panas ini menghancurkan apa saja yang di laluinya,tak terkecuali bangunan rumah penduduk yagn ikut hancur oleh karnanya.

namun tidak untuk mesjid yang satu ini.mesjid Al-mujahidin tidak ikut hancur saat bencana alam itu terjadi.dan menjadi saksi bisu panasnya wedus gembel yang menyerang kawasan itu.
Sumber : http://tulisananakbawahkasur.blogspot.com/
Share on Google Plus

About Petani Progresif

Google+ Followers